Thursday, September 12, 2013

Apakah 2015 Menjadikan Tahun Terbesar Untuk Hollywood.... Atau Terburuk?


Weekend ini adalah penutup rangkaian film-film musim panas untuk tahun 2013. Bisa kita lihat yang gagal (The Lone Ranger), yang sukses (Iron Man 3) dan yang mengejutkan (Now You See Me), dan sementara kita menunggu barisan film-film untuk musim panas berikutnya. Para penggila film fanatik sudah menunggu dengan gembira apa yang akan disajikan pada tahun 2015. Kenapa melewati setahun? hmm.. kalau sesuai rencana, pada tahun 2015 akan terjadi semacam "badai" film-film big budget, karena sejumlah franchise-franchise besar sedang merancang untuk meluncurkan properti hebatnya. Dua tahun dari sekarang sekuel The Avengers akan bertanding melawan Batman Vs Superman, dan Star Wars terbaru sudah disiapkan bersamaan dengan lanjutan Jurrasic Park yang telah lama dinantikan. Kalau jumlah semua uang yang dikeluarkan untuk membuat semua film - film ini, jumlah tersebut bisa mencapai milliaran dollar. Entah apa yang mereka pikirkan, dengan peluang keberhasilan yang tidak jauh selisihnya dengan peluang kegagalan. Maka dari  itu jika sukses yang dicapai, 2015 bisa menjadi tahun terbesar dalam sejarah Hollywood, bisa juga sebaliknya.

Selagi kita bersantai dari film-film musim panas yang sudah lewat, tak ada salahnya kita bergurau melihat kedepan pada kegilaan yang akan terjadi dua tahun berikut. Silahkan simak untuk film-film lain yang sudah ditetapkan pada tahun 2015, beserta informasi yang kita peroleh saat ini.



Perlu dicatat sebelum dimulai, tanggal yang tertera belum sepenuhnya pakem. Seperti yang kita ketahui sering sekali studio-studio besar memajukan bahkan mengundur jadwal rilis sebagai bentuk strategi penjualan. Namun, jika memang ada perubahan kemungkinan hanya di antara tahun 2015, paling jauh musim panas berikutnya, jadi jangan anggap bahawa tulisan saya sudah final. Oke sudah dicatat, mari kita lihat apa saja yang sedang "dimasak" dan disajikan untuk tahun 2015:




THE FANTASTIC FOUR

Yang kita ketahui sejauh ini: Sosok sutradara dibalik film Chronicle, Josh Trank dipilih untuk memimpin proyek untuk Fox bertajuk The Fantastic Four, dan sutradara muda ini memiliki Matthew Vaughn yaitu sutradara X-men: First Class sebagai produser. Informasi tentang tanggal mulai proses produksinya masih belum ditentukan, ternyata tidak hanya karena proses pemilihan pemain yang sedikit rumit. Miles Teller pernah dikabarkan akan menjadi Mr. Fantastic, namun Trank menepis kabar tersebut. Juga terdengar selentingan bahwa Elizabeth Olsen dan bintang serial Girls Alison Williams kemungkinan akan memainkan peran Susan Storm dan Michael B. Jordan akan terbang sebagai Human Torch.

Entah siapa yang akan dipilih Trank sebagai jajaran pemain-pemainnya nanti, yang jelas dia mencari aktor-aktor muda. Seth Grahame-Smith (Abraham Lincoln: Vampire Slayer) terpilih untuk memoles skrip pada Februari depan, tetapi proses syuting kemungkinan bisa dimulai awal tahun depan.

Tanggal rilis : 6 Maret 2015


CINDERELLA

Yang kita ketahui sejauh ini: Disney nampaknya sedang senang-senangnya menggarap pencitraaan ulang kisah-kisah animasi klasik milik mereka ke dalam bentuk live-action, dan Cinderella akan menjadi yang kedua keluar setelah Maleficent pada 2014. Walaupun  Mark Romanek sebelumnya dipilih sebagai sutradara dan sempat memilih aktris cantik Cate Blanchett sebagai ibu tiri jahat, Romanek akhirnya cabut dari proyek ini karena perbedaan kreatif dan sutradara Thor didalih sebagai penggantinya.

Blanchett masih tercatat sebagai pemeran ibu tiri jahat, sementara itu aktris dalam serial Downtown Abbey yaitu Lily James akan memerankan tokoh yang sama dengan judul. Para aktor-aktor pendukungnya antara lain Richard Madden (Games of Throne) sebagai Pangeran Tampan, Sophie McShera (Downtown Abbey) serta Holliday Granger (The Borgias) sebagai saudari tiri Cinderella, Stellan Skarsgard sebagai penasihat raja, dan Helena Bonham Carter sebagai ibu peri. Proses syuting sedang berjalan saat ini di London.

Tanggal rilis : 13 Maret 2015



TED 2

Yang kita ketahui sejauh ini: Sementara antisipasi untuk jebolan Family Guy, si penciptanya Seth McFarlane sebagai ajang penyutradaraan untuk film pertamanya sangat tinggi, sedikit yang bisa memprediksi bahwa komedi rating dewasa miliknya dulu bisa mencapai $ 489 juta untuk pasar global. Membuat Universal gatal untuk membuat sekuelnya, namun karena McFarlane memilih untuk membuat film komedi western berjudul A Million Ways To Die dulu, film ini dikabarkan sedang dalam tahap paska produksi dan sekuel Ted direncanakan untuk rilis April 2015. Tanggal tersebut bisa saja berubah dikarenakan sampai saat ini belum masuk dalam tahap pra-produksi. Tetapi McFarlane dan Mark Wahlberg sudah sepakat untuk melanjutkan film ini hanya yang menjadi masalah saat ini adalah semata karena jadwal. Sekali lagi, sedikit yang saya tahu tentang perkembangannya jadwal rilis mungkin bisa sedikit lebih mundur tetapi yang pasti Ted 2 akan terjadi.

Tanggal rilis : April 2015

Add caption

THE AVENGERS: AGE OF ULTRON

Yang kita ketahui sejauh ini: Film superhero milik Marvel ini sangat ditunggu-tunggu dengan ekspektasi tinggi, namun studio mengerahkan seluruh kemampuan yang dipunyai untuk mengangkat kembali apa yang dijanjikan saat film pertamanya. Joss Whedon kembali menjadi kapiten sebagai penulis dan sutradara, James Spader dipilih sebagai pemeran musuh utama kali ini, dan merekrut anggota Avengers baru yaitu Aaron Taylor-Johnson sebagai Quiksilver dan Elizabeth Olsen sebagai Scarlet Witch (kedua bintang muda ini sedang dalam tahap negosiasi dengan pihak Marvel). Loki milik Tom Hiddleston tidak akan muncul kembali dalam lanjutan kisahnya, sebagai gantinya tim Avengers akan melawan robot jahat super canggih Ultron- diperankan oleh Spader yang proses pemilihannya begitu instan.

Whedon menjelaskan bahwa asal-usul Ultron berbeda dengan yang ada di komik, jadi jangan harapkan kemunculan Hank Pym AKA Ant-man di film ini. Whedon juga mengungkapkan peran Scarlet Johansson sebagai Black Widow mendapat porsi lumayan besar dalam cerita ini serta peran Jeremy Renner sebagai Hawkeye juga. Tahap produksi dimulai pada awal Maret, yang menandai bagian dari barisan film -film Phase Two milik Marvel.

Tanggal rilis: 1 Mei 2015


JURRASSIC WORLD

Yang kita ketahui sejauh ini: Sekuel yang telah lama dijanjikan ini akhirnya mendapat lampu hijau, dan memang ditargetkan rilis pada 2015. Produser dari Frank Marshall dari Universal, sangat sabar memilih siapa yang akan duduk di bangku sutradara, dan sangat mengejutkan bahwa yang dipilih tak lain adalah Colin Trevorrow, pembuat film dibalik kesuksesan indie Safety Not Guaranteed. Disaat studio sebelumnya mengejar waktu untuk jadwal tayang 2014, akhirnya Universal memutuskan untuk mengundur penayangannya pada 2015, agar memastikan Trevorrow mempunyai cukup waktu menyempurnakan visi untuk lanjutan seri Jurrassic Park ini.

Jurrassic World telah memiliki skrip yang ditulis oleh Rick Jaffa dan Amanda Silver yang pernah menulis Rise of the Planet of the Apes. Namun Trevorrow dikabarkan memilih untuk lebih melebarkan cerita. Beliau sempat bekerja sama dengan Steven Spielberg untuk mengasah cerita, konon diceritakan kembali ke Isla Nublar. Juga tersiar kabar adanya Dinosaurus baru, dan Trevorrow siap mengambil gambar dalam kemasan 3D, memulai tahap produksi pada awal tahun depan.

Tanggal rilis : 12 Juni 2015


ASSASSIN'S CREED

Yang kita ketahui sejauh ini: Di tahun 2015, kita akan melihat dua buah film yang mencoba melawan kutukan film yang diangkat dari video game. Yang pertama adalah Assassin's Creed, dimana akan dibintangi oleh Michael Fassbender sebagai pemeran utama. Fassbender juga bertindak sebagai produser, tetapi untuk lebih jauhnya saya belum begitu tahu. Penulis asal Inggris Michael Lesslie lebih dulu menulis skripnya, namun penulis Minority Report Scott Frank dipilih untuk me-revisi ulang skrip tersebut. Jadi, Ubisoft dan Fox melaju dengan kecepatan penuh untuk proyek ini. Direncanakan rilis saat musim panas, kita bisa mendengar pengumuman sutradaranya dalam beberapa bulan lagi.

Tanggal rilis: 19 Juni 2015


INSIDE OUT

Yang kita ketahui sejauh ini: Salah satu dari dua film Pixar yang dirilis pada 2015, Inside Out adalah proyek selanjutnya dari sutradara Peter Docker setelah Up dan Monster Inc. dan mengambil kisah dalam seorang tubuh manusia bernama Riley, gadis  belia berusia 11 tahun yang baru saja pindah bersama keluarganya dari San Fransisco. Namun cerita tidak berpusat pada tokoh Riley, melainkan cerita berpijak pada karakter-karakter emosi milik Riley: Joy (Amy Poehler), Disgust (Mindy Kaling), Anger (Lewis Black), Fear (Bill Hader), dan Sadness (Phyllis Smith). Dengan dua senjata ampuh yaitu cerita asli dan pemilihan pengisi suara sempurna, Inside Out bisa membuat anda bersantai setelah lelah dengan serangan franchise pada musim panas nanti.

Tanggal Rilis: 19 Juni 2015


TERMINATOR

Yang kita ketahui sejauh ini: Selagi film lanjutan Terminator berada dalam tahap development bertahun-tahun, Annapurna Pictures dan Paramount akhirnya memutuskan untuk re-boot, yang direncanakan sebagai film pertama dari sebuah trilogi. Masih belum jelas apakah Arnold Schwarzenegger akan kembali, dalam pengumuman official pers menyatakan sebagai "Re-booted Terminator movie", jadi tidak heran jika filmnya mengundang pemain-pemain baru. Laeta Kalogridis mendampingi Patrick Lussier sebagai penulis untuk filmnya dan kita akan mendapatkan kabar siapa sutradaranya dalam beberapa waktu dekat ini.

Tanggal rilis: 26 Juni 2015


INDEPENDENCE DAY 2

Yang kita ketahui sejauh ini: Sutradara Rolland Emmerich akan kembali menghancurkan hari kemerdekaan Amerika pada 4 Juli 2015 sekali lagi. Will Smith tidak akan kembali membintangi lanjutan film blockbuster tahun 1996 ini, namun masih banyak kehancuran bisa di buat untuk sekuelnya. Emmerich sempat mengungkapkan bahwa cerita mengambil jarak 20 tahun setelah kisah di film pertama dan berpusat pada rencana pembalasan alien karena kegagalan menaklukkan planet kita sebelumnya. Bill Pulman akan kembali berperan, dan meski terdengar kabar bahwa produksi dibuat secara back-to-back, Fox ingin fokus hanya pada Independence Day 2 saja.

Tanggal rilis: 3 Juli 2015


PIRATES OF THE CARIBBEAN 5

Yang kita ketahui sejauh ini: Judul ke lima Pirates of The Caribbean yang tak terhindarkan ini akan kembali menghiasi layar bioskop saat panasnya musim panas 2015 nanti. Johnny Depp tentu saja akan kembali memerankan Jack Sparrow, dan dua sutradara film Kon-Tiki, Joachim Rønning dan Espen Sandberg didalih menjadi pemimpin proyek yang mencoba menyuntik darah baru ke dalam franchise ini setelah kegagalan On Stranger Tides. Judul yang di pilih Pirates of The Caribbean: Dead Men Tell No Tales, namun belum ada pengumuman resmi dari pihak Disney. Jeff Nathanson (Catch Me If You Can)
ditunjuk sebagai penulis, persiapan proses syuting dimulai akhir tahun ini atau awal Januari depan.

Tanggal rilis: 10 Juli 2015
[UPDATE: Disney mengambil keputusan untuk mengundur jadwal Rilis ke tahun 2016; alasannya karena Disney masih membutuhkan waktu untuk mematangkan agar menjadi lebih bagus seperti yang diharapkan]



MAN OF STEEL 2/BATMAN VS SUPERMAN

Yang kita ketahui sejauh ini: Batman Vs Superman. Hanya itu. Hanya itu yang perlu anda ketahui. Film superhero belum berjudul besutan Zack Snyder sering disebut sebagai Man of Steel 2 AKA Batman Vs Superman sepertinya bukan film yang ingin anda lewati dibulan Juli 2015 nanti, dan fans berat karakternya sudah sibuk membuat spekulasi gila tentang filmnya jauh sebelum frame pertama di ambil. Ben Affleck akan berperan sebagai Batman/Bruce Wayne yang notabene "sosok yang lebih bijaksana dan berpengalaman sebagai pembasmi kriminal" dibandingkan dengan Clark Kent yang kembali diperankan oleh Henry Cavill. David S. Goyer juga kembali dipercaya sebagai penulis berdasarkan ide yang dikembangkan bersama Snyder, dan Christopher Nolan-produser Man of Steel- naik jabatan sebagai executive produser ketimbang turun langsung untuk terlibat proses pembuatan film ini.

Tahap produksi direncanakan pada awal tahun depan, sejumlah lokasi telah dipilih seperti Detroit dan kota-kota lain di negara bagian Michigan. Diane Lane, Laurence Fishburne, Dan Amy Adams telah dikonfirmasi akan kembali berperan sesuai tokoh masing - masing di film pertamanya. Sejauh ini belum ada konfirmasi tentang siapa yang akan menjadi musuh dan juga pemerannya atau apakah Batman dan Superman akan bermusuhan atau berdampingan. Bagaimanapun juga, ini adalah kali pertama tokoh dari komik DC akan muncul bersama dalam layar perak, jadi tidak bisa dipungkiri penggemar pasti akan datang ke bioskop tanpa memperdulikan kisahnya nanti.

Tanggal rilis: 17 Juli 2015


ANT-MAN

Yang kita ketahui sejauh ini: Sutradara pintar Edgar Wright sudah terikat untuk menggarap properti Marvel ini bertahun - tahun, dan skripnya -yang ditulis Wright bersama Joe Cornish- sudah terkunci sekian lama. Setelah mengundur proyek ini untuk menggarap film brilian The World's End, Wright akhirnya bisa fokus untuk mengangkat Ant-Man sebagai film berikutnya. Pra-produksi akan dikerjakan pada bulan oktober untuk menghindari keterlambatan syuting di tahun 2014 nanti, tetapi di luar itu masih belum ada rincian yang terkuak. Wright dan Marvel masih belum menentukan siapa yang bakal memerankan Hank Pym AKA Ant-man nanti, diharapkan kita akan mendapatkan kepastian siapa pemeran utama pada akhir tahun ini.

Tanggal Rilis: 31 Juli 2015




BOND 24

Yang kita ketahui sejauh ini: Film ini memang bukan untuk sajian musim panas karena memang tradisi franchise James Bond selalu dirilis saat musim dingin. Tetapi karena masih di tahun yang sama, setidaknya keren juga untuk dibahas sekarang. Sutradara Skyfall tahun lalu, Sam Mendes dinilai berhasil membuat film Bond terbaik yang pernah dibuat, dan setelah beberapa rayuan dari pihak studio, akhirnya Mendes setuju untuk kembali sebagai dalang di balik film Bond selanjutnya.

Dengan Bond 24, beliau kembali merekrut John Logan sebagai penulis dan banyak lagi arahannya yang menarik untuk diikuti setelah langkahnya memperkenalkan M baru (Ralph Fiennes) dan Moneypenny (Naomie Harris) pada ending Skyfall kemarin. Dengan jarak waktu luang yang cukup panjang untuk mempersiapkan, diharapkan sang sutradara bisa mencapai kesuksesan seperti film pendahulunya.

Tanggal rilis: 6 November 2015


THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY, PART 2

Yang kita ketahui sejauh ini: Walaupun sampai saat ini kita belum melihat instalasi kedua dari seri The Hunger Games ini. Bagian terakhir seri ini sudah ditetapkan tanggalnya saat hari libur Thanksgiving 2015 nanti. Sutradara Catching Fire, Francis Lawrence dipercaya untuk menggarap dua bagian (kayak film apa ya?) secara serentak sebagai penutup seri ini, walaupun tampak dari tebalnya buku kedua di seri ini  menurut saya seharusnya yang dipecah menjadi dua bagian. Lawrence mengajak penulis Game Change dan The Butler Danny Strong untuk menerjemahkan Mockingjay ke dalam bentuk screenplay, semoga saja dia mampu memanfaatkan materi dari novel Suzanne Collins menjadi dua film yang bisa dinikmati.

Tanggal rilis: 25 November 2015


FINDING DORY

Yang kita ketahui sejauh ini: Film kedua yang bakal dirilis Pixar tahun 2015, sebenarnya bukan tradisi Pixar untuk membuat sekuel namun judul ini justru yang paling ditunggu penggemarnya di seluruh dunia. Andrew Stanton bertindak sebagai sutradara film lanjutannya, yang mengambil jarak sekitar satu tahun dari kisah Finding Nemo dan kali ini mengajak penonton mengikuti tokoh tituler Dory (Ellen Degeneres) dalam pencarian asal usul orang tuanya. Diane Keaton dan Eugene Levy akan mengisi suara kedua orang tua Dory, dan Ty Burrell akan mengisi suara seekor paus yang menemani Dory dan Marlin (Albert Brooks) dalam petualangan tersebut. Nemo tetap menjadi peraih Box Office tertinggi kedua untuk rekor yang dimiliki Pixar, jadi sudah pasti sekuel milik Stanton ini dinantikan dengan ekspektasi tinggi.

Tanggal rilis: 25 November 2015


KUNG FU PANDA 3

Yang kita ketahui sejauh ini: Dreamworks Animation juga memiliki sekuel yang juga ditunggu-tunggu
penggemarnya untuk dijadwalkan untuk 2015, dalam petualangan Po selanjutnya bertajuk Kung Fu Panda 3. Dengan sejumlah tambahan pada jajaran pengisi suaranya semakin menghangatkan suasana, termasuk Bryan Cranston, Mads Mikkelsen, dan Rebel Wilson. Sutradara Kung Fu Panda 2, Jennifer Yuh Nelson lagi-lagi duduk di bangku sutradara. Produser eksekutif Guillermo Del Toro sebelumnya menjelaskan bahwa KP3 akan memunculkan musuh terkuat dalam seri ini, serta secara tidak langsung beliau mengimplikasikan kisah selanjutnya tidak jauh dari sedikit cuplikan yang ada dalam ending di Kung Fu Panda 2, lebih tepatnya Po akan mencari jati diri sang ayah aslinya. Jadwal sebelumnya berganti dari Maret 2015 ke Desember 2015, jadi nampaknya sekuel ini bakal lebih garang.

Tanggal rilis: 23 Desember 2015


STAR WARS: EPISODE VII

Yang kita ketahui sejauh ini: Oh ya, tentu saja, yang paling besar. Tahun 2015 sudah menjadi target untuk merilis Star Wars: Episode VII semenjak Disney membeli LucasFilm dari tangan George Lucas dan berencana membuat trilogi baru dari film Star Wars. Kita tahu tahap produksi pasti akan bejalan secara rahasia, ditambah lagi dengan dipilihnya J.J. Abrams sebagai sutradara yang terkenal "pelit" ini, sangat memungkinkan bahwa kita tidak bisa tahu banyak tentang film ini sebelum dirilis. Tapi... kita tahu sedikit.

Saat Lucas menyerahkan kunci  franchise ini ke presiden Lucasfilm dan produser Episode VII Kathleen Kennedy, beliau juga memberikan beberapa catatan kisah dan ide-ide untuk lanjutan film Star Wars. Dalam beberapa kesempatan Lucas bertemu dengan Abrams untuk membahas tentang film baru ini. Jadi, bisa diyakini bahwa kisahnya nanti berdasarkan ide dari Lucas yang sudah dibuat.

Sebagai tambahan, penulis Toy Story 3 dan pemenang Oscar Michael Arndt sedang dalam tahap penulisan skrip, Abrams memutuskan mengambil seluruh gambarnya dalam bentuk film 35mm, John Williams mengaransmen score untuk filmnya, tokoh utamanya nanti dikabarkan berputar antara keturunan Han Solo, Leia dan Luke Skywalker dan sinyal menunjukkan bahwa Harrison Ford, Carrie Fisher dan Mark Hamill akan kembali berperan untuk beberapa porsi. Kita tahu bahwa syuting akan dilaksanakan di London dan direncanakan mulai pada awal tahun, namun ada kabar bahwa proses pra-produksi mengalami keterlambatan.

Abrams juga terkenal sangat memanfaatkan waktu untuk tidak terburu-buru saat mengerjakan pengarahan dalam film (Paramount awalnya merencanakan Star Trek Into Darkness untuk dirilis tahun 2012), lagipula Star Wars bisa dibilang barang besar untuk sebuah franchise. Terdengar gosip bahwa Episode VII akan dirilis pada Desember 2015 bukannya bulan Mei 2015 yang disebabkan keterlambatan yang saya sebutkan tadi, itu bisa membuat Star Wars memecah tradisi karena film - film pendahulunya selalu dijadwalkan pada bulan Mei. Selagi waktu berjalan mendekati tahun baru, pasti kita akan mendengar pernyataan resmi dalam waktu dekat.

Tanggal rilis: TBA


WARCRAFT

Yang kita ketahui sejauh ini: Walaupun belum diresmikan tanggal rilisnya, Legendary menyatakan rencana merilis jadwal tayangnya pada tahun 2015 untuk adaptasi video game yang sudah bertahun-tahun mengalami pasang surut untuk pembuatannya ini. Sutradara Moon dan Source Code, Duncan Jones dipercaya sebagai sutradara. Warcraft diyakini sebagai sebuah awalan, ceritanya dikabarkan mengambil garis waktu saat video game Warcraft dirilis pertama di tahun 90an, membuat celah agar bisa dilanjutkan sampai ekspansi cerita yang ada dalam game-nya sekarang, tetapi nada penceritaannya digambarkan sebagai kisah fantasi dewasa dengan nadi yang sama dengan The Lord of the Ring dan Conan The Barbarian. Sudah pasti akan dipenuhi dengan Orcs dan test-footage yang ditunjukkan saat Comic-Con kemarin begitu meyakinkan. Pengambilan gambar dijadwalkan pada 13 Januari mendatang, tunggu saja untuk pengumuman jajaran pemain-pemainnya dalam waktu dekat.

Tanggal rilis: TBA

Benar - benar gila bukan? Sekali lagi, sangat besar kemungkinan jadwal film-film diatas bisa diundur ke tahun 2016, tapi untuk sekarang ini, 2015 terbentuk menjadi tahun film terbesar yang belum pernah saya bayangkan. Film apa yang paling kalian tunggu? silakan komen pada kolom di bawah.


Source : imdb.com THR

No comments:

Post a Comment